S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Visi

Mewujudkan SDM Unggul di Bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Berkopeten, Kritis, Inovatif, dan Berkarakter (Berkibar) Pada Tahun 2032.

Misi

  1. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan mengimplementasikan nilai kompetensi guru, kritis, inovatif dan pengembangan nilai karakter yang relijius, mandiri, dan kreatif.
  2. Meningkatkan kompetensi pendidik guna menghasilkan kualitas pembelajaran inovatif, berkarakter dan menjadi sumber motivasi bagi perkembangan dunia pendidikan di kabupaten Sampang.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis riset sesuai dengan kompetensi, kritis, inovatif, dan memublikasikannya dalam jurnal ilmiah bereputasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang kompetitif di pasar kerja lokal, regional, dan nasional serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.
  5. Menyelenggarakan kerjasama untuk memperoleh capaian bereputasi nasional dengan menjunjung nilai kompetensi guru dan pengembangan nilai karakter.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang menguasai kompetensi guru secara profesional, kritis, inovatif serta memiliki nilai karakter sesuai Moto STKIP PGRI Sampang yaitu Nangkaraghi Manossa Se Amarthabat Penter Tor Paraten;
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang berkompeten secara keilmuan dan menguasai metode pembelajaran yang inovatif.
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mengembangkan nilai kompetensi guru, kritis, inovatif, dan berkarakter juga memberikan kontribusi meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat serta mempublikasikan hasil luarannya dalam jurnal bereputasi;
  4. Menghasilkan lulusan yang memenuhi standar sebagai guru profesional, mandiri, inovatif, serta dapat menjadi panutan bagi masyarakat.
  5. Menjalin kerjasama di tingkat regional dan nasional yang saling menguntungkan dengan segenap pemangku kepentingan dalam rangka memperkuat jaringan pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi dan meningkatkan daya serap lulusan prodi PBSI.

Struktur Organisasi

Kurikulum

Tracer Study